PROGRAM KERJA
PENGURUS ASOSIASI DOSEN PTKIS INDONESIA
PERIODE 2021-2026
Pengurus Harian
Ketua Umum : Dr. KH. AH. Mansur, SE, M.Pd.I
- Mendaftarkan organisasi kepada Notaris dan Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia
- Mengendalikan dan bertanggungjawab terhadap seluruh kebijakan organisasi
- Memimpin rapat-rapat oranisasi
- Menghadiri uandangan-undangan dan atau kegiatan-kegiatan atas nama organisasi di tingkat pusat
- Mengangkat dan melantik pengurus wilayah dan pengurus daerah di seluruh wilayah Republik Indonesia
- Membangun kerjasama dengan pemerintah pusat dan daerah
- Membangun hubungan kemitraan dengan Kementerian Agama Republik Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan Kopertais di seluruh wilayah Indonesia.
- Memimpin pelaksaan seluruh program organisasi, baik jangka pendek menengah dan panjang melalui bidang-bidang yang telah dibentuk.
- Mensosialisasikan organisasi beserta program-programnya kepada pemerintah pusat dan daerah, kepada Kementerian Agama RI dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI
Ketua I (Bidang Penguatan Organisasi) : Dr. Sadari, S.H.I, M.S.I
- Membantu Ketua Umum dalam mengendalikan dan bertanggungjawab terhadap seluruh kebijakan organisasi
- Mewakili Ketua Umum dalam memimpin rapat-rapat oranisasi apabila Ketua Umum berhalangan
- Mewakili Ketua Umum dalam menghadiri uandangan-undangan dan atau kegiatan-kegiatan atas nama organisasi di tingkat pusat dan daerah.
- Mewakili Ketua Umum dalam melantik pengurus wilayah dan pengurus daerah di seluruh wilayah Republik Indonesia atas perintah Ketua Umum
- Mngontrol dan mengawasi pelaksanaan program Bidang Penguatan Organisasi.
Ketua II (Bid. Pengembangan SDM dan Pelatihan serta Bid. Penelitian dan Publikasi karya ilmiah) : Dr. Rusli Malli, M.Ag
- Membantu Ketua Umum dalam mengendalikan dan bertanggungjawab terhadap seluruh kebijakan organisasi
- Mewakili Ketua Umum dalam memimpin rapat-rapat oranisasi apabila Ketua Umum berhalangan
- Mewakili Ketua Umum dalam menghadiri uandangan-undangan dan atau kegiatan-kegiatan atas nama organisasi di tingkat pusat dan daerah.
- Mewakili Ketua Umum dalam melantik pengurus wilayah dan pengurus daerah di seluruh wilayah Republik Indonesiaatas perintah Ketua Umum
- Mngontrol dan mengawasi pelaksanaan program Bidang Pengembangan SDM dan Pelatihan.
- Mengontrol dan mengawasi pelaksanaan program Bidang Penelitian dan Publikasi Karya Ilmiah.
Ketua III (Bid. Usaha dan Pengembangan Ekonomi): Dr. Syarifah Rahmi, Lc, M. Alcom
- Membantu Ketua Umum dalam mengendalikan dan bertanggungjawab terhadap seluruh kebijakan organisasi
- Mewakili Ketua Umum dalam memimpin rapat-rapat oranisasi apabila Ketua Umum berhalangan
- Mewakili Ketua Umum dalam menghadiri uandangan-undangan dan atau kegiatan-kegiatan atas nama organisasi di tingkat pusat dan daerah.
- Mewakili Ketua Umum dalam melantik pengurus wilayah dan pengurus daerah di seluruh wilayah Republik Indonesiaatas perintah Ketua Umum
- Mengontrol dan mengawasi pelaksanaan program BidangUsaha dan Pemberdayaan Ekonomi.
Ketua IV (Bid. Humas dan Kerjasama serta Bid. Hukum dan Advokasi): Dr. Ilham, M.Pd.I
- Membantu Ketua Umum dalam mengendalikan dan bertanggungjawab terhadap seluruh kebijakan organisasi
- Mewakili Ketua Umum dalam memimpin rapat-rapat oranisasi apabila Ketua Umum berhalangan
- Mewakili Ketua Umum dalam menghadiri uandangan-undangan dan atau kegiatan-kegiatan atas nama organisasi di tingkat pusat dan daerah.
- Mewakili Ketua Umum dalam melantik pengurus wilayah dan pengurus daerah di seluruh wilayah Republik Indonesia atas perintah Ketua Umum
- Mengontrol dan mengawasi pelaksanaan program Bidang Humas dan Kerjasama.
- Mengontrol dan mengawasi pelaksanaan program Bidang Hukum dan Advokasi
Sekretaris Jenderal : Tahir, S.Ag, MA
- Mengadakan kantor secretariat
- Mengadakan seluruh atribut yang berhubungan dengan organisasi, antara lain; bendera organisasi, stempel, kop surat dan papan merek.
- Mengadakan Alat Tulis Kantor
- Mengadakan computer dan mesin printer
- Mengadakan fasilitas kantor, seperti meja-kursi pimpinan, wifi internet dan meja-kursi untuk tamu.
- Membuat pedoman penomoran surat menyurat dan tata filing dokumen.
- Menyediakan lemari arsip
- Mewakili Ketua Umum dalam melantik pengurus wilayah dan pengurus daerah di seluruh wilayah Republik Indonesia atas perintah Ketua Umum
Sekretaris I, II, III dan IV
- Membantu Sekretaris Jenderal dalam pengadaan kantor secretariat
- Membantu Sekretaris Jenderal dalam pengadaan seluruh atribut yang berhubungan dengan organisasi, antara lain; bendera organisasi, stempel, kop surat dan papan merek.
- Membantu Sekretaris Jenderal dalam pengadaan Alat Tulis Kantor
- Membantu Sekretaris Jenderal dalam pengadaan komputer dan mesin printer
- Membantu Sekretaris Jenderal dalam pengadaan fasilitas kantor, seperti meja-kursi pimpinan, wifi internet dan meja-kursi untuk tamu.
- Membantu Sekretaris Jenderal dalam pengadaan membuat pedoman penomoran surat menyurat dan tata filing dokumen.
- Membantu Sekretaris Jenderal dalam pengadaan lemari arsip
- Membantu Ketua I, II, II dan IV sesuai bidangnya.
Bendahara Umum : Uswatun Khasanah, M.Pd.I
- Membuka rekening atas nama organisasi
- Menyediakan aplikasi pembukuan keuangan
- Mencatat semua transaksi keuangan, baik cashflow maupun neraca setiap bulannya
- Memberikan laporan secara berkala dan transparan
- Membuat laporan keuangan setiap akhir bulan dan setiap akhir tahun
Wakil Bendahara Umum : Ana Cahayani Fatimah, M.Pd.I
- Membantu bendahara Umum Membuka rekening atas nama organisasi
- Membantu bendahara Umum Menyediakan aplikasi pembukuan keuangan
- Membantu bendahara Umum Mencatat semua transaksi keuangan, baik cashflow maupun neraca setiap bulannya
- Membantu bendahara Umum Memberikan laporan secara berkala dan transparan
- Membantu bendahara Umum Membuat laporan keuangan setiap akhir bulan dan setiap akhir tahun
Bidang Penguatan Organisasi : Muhammad Tang, S.H.I, M.Pd
- Inventarisasi dosen PTKIS seluruh Indonesia
- Menerbitkan Kartu Tanda Anggota Kepada seluruh anggota
- Memberikan pelayanan kepada Anggota Secara Online dan Ofline
- Membentuk pengurus wilayah dan daerah bersama koordinator wilayah
Bidang Pengembangan SDM dan Pelatihan : Sampara Palili, M.Pd.I
- Menyelenggarakan workshop penulisan karya ilmiah secara online/ofline
- Menyelenggarakan bimbingan Teknis Pemberkasan kenaikan Pangkat Dosen baik secara online maupun ofline, group maupun personal.
- Menyelenggarakan TOT Pengembangan Bisnis
- Menyelenggarakan Workshop Pengelolaan Usaha Online
- Menyelenggarakan Workshop Penelitian Kolaboratif Berbasis Masalah
- Menyelenggarakan Workshop Pengelolaan e-Jurnal Berbasis OJS
- Menyelenggarakan workshop pembuatan akun google scholer, sisnta dan scupus
- Pelatihan kompetensi dosen
- Mengadakan usaha pelayanan bidang pendidikan seperti Workshop, pelatihan, bimbingan teknis, seminar dan konsultansi
Bidang Usaha dan Pemberdayaan Ekonomi : Yaumul Khair, S.E.I, M.E.I
- Mendirikan badan usaha
- Memproduksi baju seragam dan sepatu dosen
- Membangun usaha retail (DOSEN MART)
- Membangun usaha penjualan online, market place, Sistem Pembayaran Online / PPOB (Payment Point Online Bank)
- Mengadakan usaha pelayanan jasa antara lain; penyembelihan aqiqah dan kurban, travel umroh dan haji, studi tour dan wisata
- Mengadakan usaha property, layanan jasa penginapan dan perhotelan
- Membuka usaha percetakan, penerbitan buku cetak dan digital, penjualan buku cetak dan digital serta usaha-usaha yang halal dan tidak bertentangan dengan undang-undang.
Bidang Humas dan Kerjasama : Ahmad Zain Sarnoto, M.Pd
- Membuat website Organisasi
- Melakukan kerjasama antar perguruan tinggi di Inodonesia
- Melakukan audiensi dengan Direktur PTKI, Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Menteri Agama RI dan Presiden RI
- Melakukan kerjasama dengan jurnal-jurnal terakreditasi Sinta dan terindek Scopus
- Melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi dalam dan luar negeri dalam pengembangan kompetensi dosen melalui pertukaran dosen.
- Bidang Penelitian dan Publikasi Karya Ilmiah: St. Habibah, S.Ag, M.Hum, MA
- Memfasilitasi terbitnya penelitian dosen pada jurnal-jurnal terakreditasi Sinta
- Membuat web-jurnal Berbasis OJS
- Mengakses program-program penelitian pemerintah dan perusahaan
- Melaksanakan penelitian kolaboratif
- Memberikan penghargaan kepada peneliti potensial yang hasil penelitiannya terindek scopus dan paling banyak disitasi.
- Menyediakan dana hibah bagi peneliti potensial dengan persyaratan yang ditetapkan oleh Asosiasi.
- Melakukan pendampingan dosen untuk publikasi jurnal nasional terakreditasi dan internasional.
Bidang Hukum dan Advokasi : Dr. Kahar, S.H, M.H
- Meng-advokasi dan memberikan pendampingan kepada dosen-dosen PTKIS yang hak-hak nya dirampas secara melawan hukum
- Memperjuangkan hak-hak dosen agar ditunaikan oleh pemerintah tepat waktu dan mendorong pemerintah agar menunaikan hak-hak tunjangan profesi dosen setiap bulan.
- Mendampingi dan meng-advokasi organisasi bila berhadapan dengan masalah hukum
- Memberikan masukan dan pertimbangan kepada organisasi setiap akan mengambil kebijakan yang terkait dengan hukum.
- Membuka layanan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI)
Koordinator Wilayah
- Membentuk pengurus wilayah di zona wilayah operasionalnya.
- Membantu pengurus wilayah dalam pembentukan pengurus daerah
- Mewakili Ketua Umum dalam melantik pengurus wilayah atas perintah Ketua Umum
- Menyerap aspirasi wilayah dan daerah serta meng-komunikasikannya ke pengurus pusat
- Mewakili pengurus pusat pada kegiatan-kegiatan wilayah dan daerah jika pengurus pusat berhalangan hadir
- Melakukan pemetaan potensi dosen-dosen yang ada di wilayah dan daerah operasionalnya
- Menginventarisir persoalan dan masalah-masalah dosen di wilayah dan daerah
Hasil Rapat Program Kerja
Pengurus Pusat Asosiasi Dosen PTKIS Indonesia
Pada Tanggal : 17 Januari 2021
Ketua Umum, Sekretaris Jenderal
Dr. KH. Ah. Mansur, SE, M.Pd.I Tahir, S.Ag, MA